My Emergency Skincare : Ingredients for The Rescue to Oily, Acne Prone Skin.

 

Source beautylish.com

Hai blogpeople!

Welcome everyone, udah lama mau sharing tentang my emergency skincare, karena banyak banget temen-temen yang tanya kenapa sih berani banget gunta-ganti skincare tiap bulan? (skincare reviewer pasti paham rasanya tiap hari ditanyain kaya gini). Honestly, setahun belakangan ini rajin banget gunta-ganti skincare karena tuntutan pekerjaan as skin reviewer (halah prett) :D

Tulisan ini sebenernya iseng aja, jadi agak santai, tanpa deadline, tanpa effort dan sekedar sharing. Gak ada maksud menggurui karena banyak banget skin expert di luar sana yang ilmunya sudah tingkat dewa. Jadi kalian juga bisa diskusi sama aku tentang emergency skincare ya guys, aku open disccus untuk komen di bawah.

Sebelum lanjut kemana-mana, aku mau perkenalan secara langsung di blog, karena aku tidak pernah perkenalan, saking rajinnya nulis blog untuk nulis review aja. HAHAHA please kebanyakan intermezzo nya deh si Elsa. Okey, perkenalkan namaku Elsa Apriliani, u can call me Elsa/Eca/Els/El or anything. Sempat menuntut ilmu disalah satu universitas keguruan di Jakarta, sudah lulus di tahun 2018 lalu, dan sedang menikmati masa-masa menjadi seorang guru.

Doc Pribadi

Selama pandemi dan fokus school from home, aku ngerasa punya banyak waktu luang, dan memutuskan untuk menjadikan akun instagram sebagai tempat sharing skincare dan tutorial makeup ala-ala beauty vlogger. Ternyata aku menemukan kebahagian ketika review skincare, akhirnya berlanjut sampai sekarang, lebih dari satu tahun.

Source Google

Perjalanan untuk menemukan skincare terbaik menurutku memang harus trial and eror sih, aku ngerasain kulit wajah mulai dari purging hingga breakout bukan sekali dua kali, tapi akhirnya aku nemu ingredients terbaik untuk kulit aku yang sedang breakout. Sebelumnya aku mau kasih tau, tipe kulit aku normal cenderung berminyak, serta mudah berjerawat.

Source  Google

Dengan type kulit yang sangat “rentan” ini tentunya aku harus hati-hati layering produk yang satu dengan yang lain, dibawah aku paparkan mengenai tips and trick mencoba produk baru.

TIPS AND TRICKS MENCOBA PRODUK BARU

Kalian harus mengetahui kondisi kulit mu, dengan test sederhana yaitu setelah cuci muka kemudian didiamkan selama 10 menit, ada berbagai kemungkinan.

  • Kulit Normal : Kondisi kulit tidak menghasilkan banyak kadar minyak dikulit wajah, artinya biasa aja gak lengket atau kering kerontang.
  • Kulit Kering : Terasa kering, biasanya ada sensasi ketarik.
  • Kulit Berminyak : Akan menghasilkan kadar minyak cukup banyak ditiap sisi. 
  • Kulit Kombinasi : Meningkatnya kadar minyak di T Zone meliputi area dahi, hidung, dan dagu, tetapi dibagian pipi terasa kering

Diatas adalah test sederhana yang bisa kalian lakukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah.

Source Google

Perhatikan concern kulit kamu, jangan karena satu produk lagi hype kamu sengaja beli dan lupa kamu sebenernya butuh untuk mengatasi masalah acne, tapi beli produk dengan fungsi brightening.

Jika sudah membeli, jangan lupa untuk patch test, Patch Test berfungsi untuk mengetahui seberapa cocok formula dalam satu produk itu untuk kulitmu. Dengan mengoleskan produk yang akan kamu pakai sehari sebelumnya, silahkan dioleskan di bawah dagu (tepatnya area rahang), atau kulit belakang telinga.

Tandai ingredients yang kurang cocok di kamu, contoh, dulu aku pernah pake aloe vera untuk di kulit wajah, besoknya langsung bruntusan sejak saat itu aku menghindari aloe vera. Tapi tenang aja terkadang formulasi tiap brand berbeda, jadi jangan langsung underestimate jika kamu gak cocok kandungan A di brand A ya, siapa tau kamu cocok kandungan A di brand B. That’s why aku bilang skincare sebenernya ya trial and eror dan wajib patch test.

    Kalo kalian sudah mengikuti step-step yang sudah dijelaskan diatas tapi ternyata masih mengalami purging/breakout. Tenang aja, aku punya another tips and tricks menyiasati breakout yang kamu alami. Skincare enthusiast sering mengatakan skincare emergency atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah perawatan kulit darurat. Disini aku menyebutkan kandungan yang paling cocok selama kulit mu breakout ya, kalian bisa cari kandungan yang mirip-mirip dari produk yang aku sebutkan.

INGREDIENTS YANG DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI SKINCARE EMERGENCY

Centella Asiatica

Centella asiatica atau sering disingkat Cica ini memiliki banyak manfaat, di Indonesia sendiri kenal dengan nama daun pegagan. Kalo kamu sering mengalami jerawat kemerahan dan terasa sakit, kamu wajib banget untuk stock produk dengan bahan dasar Cica, entah itu toner atau moisturizer. Dikutip dari popbela.com, centella asiatica memiliki 7 manfaat seperti, menjaga kelembaban kulit, menenangkan kulit (calming), mencegah penuaan dini, membantu penyembuhan luka, bikin kulit lebih glowing, mampu menenangkan jerawat meradang, membantu melancarkan peredaran darah.

Banyak banget manfaatnya, dan menurutku sangat pas untuk memberikan rasa perih pada area berjerawat, beberapa rekomendasi brand dengan main ingredients Cica adalah sebagai berikut :


Diatas adalah beberapa produk yang aku coba dan cocok untuk mengatasi jerawat kemerahan. Sejauh yang aku rasakan setelah penggunaan cica, jerawat yang tumbuh sampai bernanah bisa hilang, surprisingly tanpa ada efek samping apapun, karena terdiri dari bahan-bahan alami.

 

2.     Tea tree

Jika dibandingkan dengan kandungan Cica, tea tree ini mempunyai bau yang lumayan menyengat, tapi penuh dengan segudang manfaat. Dulu sebelum obat-obatan modern ditemukan Tea Tree digunakan untuk mensterilkan luka, mencegah bakteri berkembang. Karena sifatnya membunuh kuman, akhirnya tea tree sering digunakan sebagai main ingredients dalam produk anti acne yang viral belakangan ini. Berikut rekomendasi brand yang menggunakan tea tree sebagai main ingredients nya:



Meskipun baunya sedikit menyengat (menurutku) tapi sangat ampuh mengatasi jerawat dengan jenis nodule, pustule, cistics, dan papule. Menurutku setelah penggunaan serum atau produk lain yang terdapat main ingredients tea tree, sangat memudahkan sekali untuk jerawat tersebut kempes, dan jika sangat meradang dan belum keluar nanah atau butiran putih, tea tree ini sangat membantu mengeluarkan nanahnya. Serius ini bekerja banget untuk kalian yang sedang breakout.


Akhir kata panjang banget article no effort ini, semoga kalian gak males bacanya ya! Aku nulis artikel ini lebih ke sharing pengalamanku selama kurang lebih setahun sebagai skincare reviewer, pengalaman lain mungkin berbeda, dan aku terima opini yang berlainan dengan tulisan aku. Jadi tolong diingat ya, produk diatas adalah yang sangat cocok dijenis kulitku. Semua piihan kembali ke masing-masing individu. Akhir kata saya ucapkan mohon maaf jika ada kata yang missleading, teruslah berkarya! Jangan lupa skincare an, Salam Glowing!


Desclaimer : Produk yang aku rekomendasikan adalah produk yang aku gunakan dan cocok, kecocokan/reaksi kulit setiap individu berbeda. Jangan lupa patch test sebelum penggunaan skincare baru.

Komentar

Postingan Populer